Jumat, 24 Januari 2014

#1Hari1Ayat : Mempelajari Al-Qur'an

Baru-baru ini Alhamdulillah banyak komunitas yang dapat memperkenalkan dan membuat kita lebih akrab dengan Al-Qur'an. Mulai dari ODOJ (one day one juz), ODOP (one day one page), lalu ODOA (one day one ayat), dan lain-lain yang tidak semua saya hafal. Saya hanya ikut salah satu, yaitu ODOJ.

Setelah 1 bulan lebih saya mengikuti ODOJ, Alhamdulillah sampai detik ini istiqomah, daaan semoga selalu istiqomah. Kuatkan Ya Allah! (">.<)9 Banyak sekali tantangan sebenarnya, dan bukan hanya saya yang mengalami kesulitan tentunya. Sebenarnya program tilawah 1 hari 1 juz bisa dibilang diwajibkan bagi saya dan teman-teman di kampus, yaa selain diwajibkan oleh organisasi, liqo kami pun mewajibkan. Namun, nyatanya sebelum saya ikut ODOJ, saya cukup permisif untuk memborong juz-juz karena hari sebelumnya (karena kesibukan duniawi) tilawahnya tidak sesuai targetan. Berakhir dengan keteteran~ Hyuuuu. Dan saya hanya bisa pengakuan dosa di depan teman-teman jika hal itu terjadi. Malu ._.

ODOJ "memaksa" saya untuk konsisten dengan tilawah 1 hari 1 juz. Memaksa saya untuk bertanggung jawab dan melaporkan rapor tilawah saya hari ini, dengan waktu yang dibatasi. Jika tidak dibuat regulasi seperti itu, saya sadari mungkin sifat permisif tersebut masih ada sampai hari ini. Wallahu'alam.

Satu hal yang sangat saya wanti-wanti, semoga bagi peserta ODOJ, bagi saya atau bagi siapapun yang sudah mulai rutin membaca Al-Qur'an. Resapi dan maknailah ayat demi ayat Al-Qur'an tersebut, mulai dari baca artinya, mempelajari azbabun nuzul-nya, menghapal, dan mengaplikasikannya. :"" Sedih banget kaaan kalo rajin baca Al-Qur'an, tapi sikap kita sehari-hari jauh dari Al-Qur'an. :""


Yuk pelajari Al-Qur'an, bukannya Allah telah mempermudah kita? :""




"Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Al Quran untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran?" (Al-Qamar, ayat 17, 22, 32 dan 40)


0 comments:

Posting Komentar

 

Arnova Reswari Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template