Jumat, 01 Juni 2012

Belajar Ukhuwah dari Al-Hujurat

Dan demikianlah Kami wahyukan kepadamu wahyu (Al Quran) dengan perintah Kami. Sebelumnya kamu tidaklah mengetahui apakah Al Kitab (Al Quran) dan tidak pula mengetahui apakah iman itu, tetapi Kami menjadikan Al Quran itu cahaya, yang Kami tunjuki dengan dia siapa yang kami kehendaki di antara hamba-hamba Kami. Dan sesungguhnya kamu benar- benar memberi petunjuk kepada jalan yang lurus. - Q.S Asy-Syura 52


Allah telah menurunkan perkataan yang paling baik (yaitu) Al Quran yang serupa (ayat-ayatnya) lagi berulang-ulang, gemetar karenanya kulit orang-orang yang takut kepada Tuhannya, kemudian menjadi tenang kulit dan hati mereka di waktu mengingat Allah. Itulah petunjuk Allah, dengan kitab itu Dia menunjuki siapa yang dikehendaki-Nya. Dan barangsiapa yang disesatkan Allah, maka tidak seorang pun yang dapat memberi petunjuk.
-Q.S Az-Zumar 23


Subhanallah Al-Qur'an. Subhanallah Kitab semesta alam  :)


Wahai orang-orang beriman! Jika seseorang yang fasik datang kepadamu membawa suatu berita, maka telitilah kebenarannya, agar kamu tidak mencelakakan suatu kaum karena kebodohan, yang akhirnya menyesali perbuatanmu itu.
-Q.S Al-Hujurat 6


Dan apabila ada 2 golongan orang mukmin berperang, maka damaikanlah keduanya...
-Q.S Al-Hujurat 9


Sesungguhnya orang-orang mukmin itu bersaudara, karena itu damaikanlah antara ke-2 saudaramu (yang berselisih) dan bertakwalah kepada Allah agar kamu mendapat rahmat
-Q.S Al-Hujurat 10


Wahai orang-orang yang beriman, janganlah suatu kaum mengolok-olok kaum yang lain, (karena) boleh jadi mereka (yang diolok-olok) lebih baik dari mereka (yang mengolok-olok), dan jangan pula perempuan-perempuan (mengolok-olok) perempuan lain, (karena) boleh jadi perempuan (yang diolok-olok) lebih baik dari perempuan (yang mengolok-olok). Janganlah kamu saling mencela satu sama lain, dan janganlah saling memanggil dengan gelar-gelar yang buruk. Seburuk-buruknya panggilan adalah panggilan yang buruk (fasik) setelah beriman. Dan barang siapa yang tidak bertobat, maka mereka itulah orang-orang yang zalim.
-Q.S Al-Hujurat 11


Wahai orang-orang beriman! Jauhi lah prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu dosa, dan jangan lah kamu mencari-cari kesalahan orang lain, dan jangan lah ada di antara kamu yang menggunjing sebagian yang lain.
-Q.S Al-Hujurat 12


Sungguh, Allah mengetahui apa yang gaib di langit dan di bumi. Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan
-Q.S Al-Hujurat 18

0 comments:

Posting Komentar

 

Arnova Reswari Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template