Senin, 25 Juni 2012

cahaya

0 comments
"Cahaya-Nya menyinari siapa yang dikehendaki-Nya.
Jika Telah menyinari, sinar itu harus kau pelihara.
Jika belum menyinari, kau harus mencarinya !"
-Pengikat Surga, Hisani Bent Soe

"Sungguh engkau (Muhammad) tidak dapat memberi petunjuk kepada orang yang engkau kasihi, tetapi Allah memberi petunjuk kepada orang yang Dia kehendaki, dan Dia lebih mengetahui orang-orang yang mau menerima petunjuk - Q.S Al Qasas 56

*ayat tersebut turun setelah Abu Thalib (Paman Rasulullah) yang tak terketuk juga hatinya. Menutup pintu harapan kebersamaan dalam cahaya.


Sabtu, 23 Juni 2012

Perfect Harmony

0 comments
Look around yourselve
Can't you see this wonder
Spreaded infront of you
The clouds floating by
The skies are clear and blue
Planets in the orbits
The moon and the sun
Such perfect harmony
Let's start question in ourselves
Isn't this proof enough for us
Or are we so blind
To push it all aside..
-"Open your Eyes" - Maher Zain 
Masih saja manusia -termasuk saya- lupa, menutup mata, sok ga tau bukti-bukti betapa Maha Besar Allah. Segitu buta kah kita? Semua sudah ada, tanpa kita perlu mencari, cukup buka mata, buka hati, buka pikiran.

Betapa indahnya susunan spine, loncatan-loncatan electric antarsinaps, neutrophil yang bersegmen-segmen, sperma yang menembus zona pelucida, enzim dan substratnya, hormon dan receptornya, APC, limbic system, amygdala, aktivitas megakaryocyte, resorpsi osteoclast, callus dalam bone healing, invasi trophoblast, apoptosis sel, susunan DNA, kehebatan rotator cuff, vesikel-vesikel Acetilcholine, piramidal tract, sistem limfa, GABA, oksitosin, sistem komplemen, GPIb receptor, insulin, dan masih masih banyak lagi !
Belum cukup kah untuk membuat kita sedikit saja bersyukur? belum cukup kah untuk membuat kita sedikit saja takjub akan Maha Besar Allah? akan limpahan/luapan tsunami kasih sayang Allah :)

Perfect harmony!
Gunung yang mencapai langit, planet yang senantiasa berputar, matahari yang tak pernah padam, rumput yang bertasbih, pohon yang menunduk, air yang mengalir, dan hujan yang jatuh. Semua atas Kuasa Allah. Semua patuh akan perintah Penciptanya, Allah.

Jika kita tau, mengerti, paham, tentu-pasti-niscaya, kita malu untuk tidak patuh pada perintah-Nya.

*H-26 Ramadhan, apa persiapan mu, wahai diriku? :)

Rabu, 20 Juni 2012

Count on Me

0 comments
You can count on me, like 1,2,3
I'll be there :)

*teruntuk semua orang yang saya sayangi :')

4 hal

0 comments
kawan,
ada 4 hal yang tidak bisa diraih kembali,
batu, setelah dilempar
kata-kata, setelah diucapkan,
kesempatan, setelah berlalu
dan
waktu, setelah beranjak pergi


Ps: jangan menyakiti, jaga ucapan, jangan sia-siakan kesempatan selagi mampu hari ini, jangan menyesali yang lalu. what a wise word! :)

Senin, 11 Juni 2012

Dahulukan amanah :)

0 comments
Sore ini di Jatinangor hujan loh #terus kenapa nov?!
^^,
saya suka bau tanah setelah hujan, suka langit setelah hujan, suka udara dingin setelah hujan ~(^o^~)(~^o^)~

Izinkan sambil menunggu Maghrib, saya sedikit cerita ~\(^o^)
Doa tidak tertolak pada 2 waktu, yaitu ketika adzan berkumandang dan ketika hujan turun” (HR Al Hakim, 2534, dishahihkan Al Albani di Shahih Al Jami', 3078)
Lanjut ke bahasan utama ah :)
Sore ini saya disibukan memenuhi amanah kelompok belajar saya yang di kosan, nama kelompoknya BBC. Ya, padahal besok itu COMRE BHP loh, tapi sore ini saya malah ngebahas kumpulan-kumpulan "sesuatu" yang berbau HIS--itulah amanah saya, yang secara ga langsung sudah saya janjikan buat BBC.
kenapa sih harus buru-buru?!


Selain itu, kalo hari-hari biasa, biasanya setelah tutorial, malamnya tuh saya membiasakan diri buat Learning Issue (LI) terlebih dulu. Baru deh habis itu belajar sesuai suara hati. Selain kapok takut ntar LI nya ga keburu, juga males digentayangi sama LI, takut tidur ga nyenyak :p
kenapa sih harus didahulukan?!
Amanah secara harfiyah adalah tanggung jawab, kepercayaan, terpercaya, atau beban tugas. Amanah bisa juga berarti menempatkan sesuatu pada tempatnya (proporsional), seperti seuatu kedudukan tidak diberikan kecuali kepada orang yang berhak dan mampu menunaikan tugas dan kewajibannya dengan benar. Setiap kita memiliki amanah dan akan dimintai pertanggungjawabannya
ama·nah 1 n sesuatu yg dipercayakan (dititipkan) kpd orang lain -Kamus Besar Bahasa Indonesia
 :))
yah begitulah,
Dikerjakan lebih dulu karena, tugas BBC dan LI itu adalah 'beban tugas' buat saya. Teman-teman saya percaya saya mampu mengerjakannya. Karena saya harus bertanggung jawab atas selesainya tugas-tugas tersebut. :)


SIP ! jadi clue-nya adalah BEBAN TUGAS - PERCAYA -TANGGUNG JAWAB


~(-..-~)~(-..-)~(~-..-)~



DEWAsa

0 comments
Saatnya mendewasa Wahai diriku,
Saatnya membuka lebar mata bahwa semua hasil itu butuh perjuangan, dan perjuangan itu tidaklah mudah. Butuh usaha keras, waktu, pikiran bahkan harus rela keluar dari zona nyaman.
Saatnya sadar bahwa dibalik perjuangan, ada Allah Maha Penentu hasil, bersabarlah atas apapun hasilnya.
Saatnya untuk melawan ego, memikirkan perasaan orang lain. Tidak semua hal bisa kita atur sesuka hati.
Saatnya tidak mengumbar-umbar amarah ketika hatimu panas. Cukup diam.
Saatnya untuk tidak mengubar sedih mu di hadapan selain-Nya. Cukup diam, lalu tersenyum :"">
Saatnya untuk berani berkata "maaf" saat salah, dan ikhlas memaafkan saat orang lain meminta maaf.


Saatnya mendewasa Wahai diriku,
Saatnya tersenyum lebih dulu pada teman-teman yang belum menyapamu
Saatnya lebih peka dengan lingkungan sekitar
Saatnya jadi pendengar
Saatnya mengalah
Saatnya bekerja tanpa dilihat orang
Saatnya membayar hutang sebelum diminta
Saatnya berbagi pada saudaramu
Saatnya tidak menyepelekan hal-hal kecil
Saatnya menunaikan amanah tanpa harus disuruh


Saatnya mendewasa Wahai diriku,
Saatnya berfikir 70 kali saat diri ini akan su'udzan
Saatnya bertanya jika tidak tahu
Saatnya tidak mencela kejelekan orang lain
Saatnya bercermin untuk diri yang lebih baik 


Saatnya mendewasa Wahai diriku :)
Saatnya Introspeksi diri, perbaiki kekurangan, berusaha untuk lebih baik dari hari ini.
\(^^,)/


(gambar diambil dari komikmuslimah.blogspot.com ^^)





I'm a future DOCTOR

0 comments

lucu bangeet gambarnya, gambar ini saya ambil dari komikmuslimah.blogspot.com, ga bakal nyesel buat dikunjungi! :"3

Sabtu, 09 Juni 2012

Somebody that I used to know ala FK Unpad

0 comments
Enjoy ! Lumayan buat bikin cape otot pipi! XD
FYI, videoclip ini JUARA 1 loh di Olymphiart 2012 April lalu.
Asli bikinan FK Unpad 2010



Artisnya : Yesica, Muhammad Kautsar (pemeran cowok yang utama, hahaha), Faris (cowok bermobil kuning), dan Anto (yang jadi badut di awal)

Managemen Waktu #1

0 comments
Yah, materi managemen waktu memang udah ga asing lagi bagi kita, udah sering dapet kok di upgrading softskill mana pun, termasuk MABIM :p
Tapi..
mmmm, ter-realisasi ga ya?!
"Managemen waktu sederhananya adalah mengatur waktu, tetapi tidak hanya mengatur saja, sejatinya berusaha untuk mencapai tujuan tertentu.." -Dienchephalon, MABIM 2012
Oke, izinkan saya sedikit mengkritisi, masih agak gantung di kalimat "mencapai tujuan tertentu". Tujuan tertentu apa??
Tujuan dunia saja??

Tertarik saya buat sedikit sharing tentang buku yang baru saja saya baca, Managemen Waktu Metode Qur'ani, "Kuingin waktuku jadi jembatanku menuju Surga". Nah, mari kita renungkan sedikit kalimat "waktu menentukan NASIB Anda di Hari Kalimat". Kita semua udah pada tau kan, hal pertama yang akan ditanyakan kepada kita nanti pasti tentang, apa saja yang kita lakukan selama hidup di dunia? Gimana sholat kita? Puasa? Sedekah? dll, itu semua menjurus ke 1 masalah, yaitu WAKTU, dan pemanfaatan waktu itu sendiri.
Jalan paling baik untuk bisa memenej waktu dan bisa mengantarkan kebahagiaan hanya satu, yakni Kitabullah. Sesungguhnya buku-buku ciptaan manusia bersandar pada pengalaman, yang mungkin benar atau salah. Tapi Kitabullah adalah kitab Pencipta manusia yang pasti telah memberi hasil yang BENAR.
Mari masuk ke "tujuan tertentu"-yang dijelaskan di modul MABIM 2012. Apasih target kita sebenarnya dalam managemen waktu?? Hidup itu targetnya hanya 1, yaitu ridha Allah SWT :)

Yang paling penting dalam metode memenej waktu adalah menenentukan target utama sejak awal, yaitu ridha Allah SWT. Caranya mudahnya adalah dengan menerima semua ketetapan dan ketentuan Allah. Allah Yang Maha Mengetahui hikmahnya. Kadang kita lupa, apapun kejadian itu sebenarnya baik untuk kita dan pasti membawa kebahagiaan.

Sebelum kita membuat program managemen waktu, kita harus paham dulu manfaat managemen waktu itu, apa manfaat bagi kita jika kita pintar "menjaga waktu". Dengan demikian, InsyaAllah pekerjaan memenej akan lebih efektif dan bisa memberi hasil yang diinginkan! :))

(1) Managemen waktu membawa kita menjadi BAHAGIA
Ini udah ada loh penelitiannya :) bahwa orang yang pintar memanfaatkan waktunya lebih baik, pasti lebih bahagia daripada orang yang menyia-nyiakan waktu. Pemberdayaan waktu secara utuh itu ada pada Al-Quran.
Memanfaatkan waktu itu adalah KUNCI dari kebahagiaan sejati
Liat contoh simpel deh, percaya ga percaya, kemampuan menghafal orang yang udah biasa ngafal Al-Quran itu lebih cepat daripada orang yang ga menghafal Al-Quran. Buktinya nyata kok, ngafalin pelajaran apapun ! Jadinya, para "penggemar ngafalin Qur'an" ini lebih mudah dalam belajar sehari-harinya, karena kemampuannya menyatu dengan Qur'an itu tadi. ga percaya? Buktikan, karena saya sudah membuktikan! :)
*ps : silahkan nanya ke teh Al Urwatul Wutsqo deh :p

(2) RASA PUAS dan hidup sukses
Wah ini kesannya orientasi dunia banget ya :p . Engga kok, mari kita kesampingkan dulu deh masalah dunia-duniaan. Cara membuat hati puas adalah pemberdayaan waktu dengan mengingat Allah :) Gini nih mind mapping versi saya:
mengingat Allah --> rasa puas, damai, tentram --> BAHAGIA --> menyuplai energi BESAR diri kita untuk lebih produktif lagi, lagi dan lagi --> apapun pekerjaan akan selesai tepat waktu --> SUKSES !

(3) Managemen waktu dan UANG
Bisanya pola pikir kita UANG identik dengan pekerjaan. Tapi, disini gimana cara investasi uang yang banyak itu untuk Allah. Artinya, perolehan uang dan harta itu merupakan saran untuk mendapatkan ridha Allah. Banyak kan firman Allah yang mengaitkan masalah rizki dengan ketaqwaan, yaitu unsur pemanfaatan amal-amal shalih, yakin kepada Allah dan kemurahan Allah SWT. Yakin bahwa Allah Maha Kuasa atas pemberian rizki kepada hamba-hambanya. 

Ketika kita berupaya mengoptimalkan waktu untuk ridha Allah, maka Allah akan menghamparkan seluruhnya untuk mendukung usaha kita :). Sederhananya pengelolaan waktu yang baik -->untuk ridha Allah --> rizki bertambah, atas izin Allah.

(4) Manfaat yang TAK TERHITUNG
Pemanfaatan waktu yang benar, yaitu sesuai Al-Qur'an dan Sunnah. Selain meningkatkan produktivitas kerja dalam waktu yang relatif singkat, juga mampu memberi solusi dari beragam masalah yang ada dengan jerih payah yang lebih sedikit. Mampu menanamkan stabilitas inividu dan sosial yang lebih KUAT, dan mampu menciptakan sebuah hidup baru bagi kita.
Dunia semut merupakan contoh terbaik dalam soal manajemen waktu. Seekor semut tidak sedikitpun melewati waktu tanpa kerja yang berguna. Ia bekerjasama dengan semut lain dalam kelompoknya, menginvestasikan waktu dengan cara mengagumkan
Apakah kita bisa mengambil pelajaran dari makhluk Allah yang kecil ini? :)) 

-bersambung-

Kamis, 07 Juni 2012

33 Pesan Nabi - jilid 2

0 comments
"Ayah, benarkah Indonesia mayoritas Muslim?"
"Benar"
"oooh, gitu ya Yah?"
"iya kita harus bangga Nak" :)
"kenapa yah mesti bangga? Heran deh, mesjid bertaburan, tapi tetep aja maksiat banyak. Yang haji juga banyak, tapi korupsi nomer 1. Apa nya yang dibanggain yah?"
*hening*
*hening*
*hening*
Sang Ayah, hanya bisa diam ketakutan, ga berkutik !
Diriwayatkan dari Tqausan r.a Rasulullah SAW bersabda: “akan terjadi, bersatunya bangsa-bangsa didunia menyerbu kalian seperti sekelompok orang menyerbu makanan”. Salah seorang sahabat bertanya: “apakah karena jumlah kami dimasa itu sedikit”. Rasulullah menjawab : “jumlah kalian banyak tapi seperti buih dilautan. Allah mencabut rasa takut dari dada musuh-musuh kalian dan Allah menanamkan penyakit ‘wahan’ dalam hati kalian.” Lalu ada yang bertanya lagi :“apakah penyakit ‘wahan’ itu ya rasulullah?” Beliau bersabda : “ Cinta kepada dunia dan takut mati!”.(Silsilah hadist shahih no.958).
yah, kira-kira seperti itu cuplikan yang paling ngena banget setelah saya membaca komik 33 Pesan Nabi Jilid 2, Jaga hati, Buka Pikiran. :_)



Serius, ngena banget ! Penyampaiannya bikin saya ngerasa JLEB! Ada juga suatu hadis yang juga ngena selain hadis di atas, yang mungkin hanya sebagian orang yang paham Hadis shahih ini.
Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu ia berkata, Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Dunia itu penjara bagi orang mukmin dan Surga bagi orang kafir.” (HR. Muslim no. 5256)
beberapa cuplikan komik yang langsung saya ambil dari www.haltebikumiku.com :)
Subhanallah, InsyaAllah ga rugi kalo beli, InsyaAllah ga rugi buat dibaca! :')
Komiknya keren, selamat berburu buku, selamat membaca, InsyaAllah manfaat ! :)



Selasa, 05 Juni 2012

33 Pesan Nabi

2 comments
Di sela-sela UAS yang panjang dan gersang, saya sempat teralihkan dengan sebuah komik lucu, berjudul 33 Pesan Nabi, sesuai cover-nya komik ini berisikan semua Hadis shahih Bukhari-Muslim.


Penulisnya kreatif banget memadupadankan unsur gambar yang unyu :3 dengan perkataan-perkataan Rasulullah yang indah, dan nyata kebenarannya. Keren ! Kreatif ! Cocok untuk semua usia. "Trust me, it works" :p

Nilai plus nya lagi, ternyata banyak loh hadis tentang adab-adab sehari-hari yang saya belum tau, jadi tau karena baca komik ini. Terus, karena tiap-tiap hadis ada semacam komik unyu nya gitu, jadi cepet nangkep dan inget-nya long-term memory (>_<)

saya kasih sedikit bocoran deh, beberapa Hadis di dalamnya :)

(1) Adab Memuji

Dari Abu Musa R.A katanya : Rasulullah mendengar seorang laki-laki memuji laki-laki lain dan berlebihan dalam pujiannya. Beliau bersabda : "Kamu membinasakannya dan memotong punggung orang itu" -H.R Bukhari

hikmah : Nah looh, hati-hati dalam memuji seseorang, sebenarnya dalam tiap pujian berlebihan itu secara ga langsung membuat kehancuran untuk orang yang dipuji. Apakah itu? nanti setan datang merayu, dan muncul lah benih-benih sombong~

(2) Tiga Dosa Besar

Rasulullah bersabda Perhatikanlah kuberi tahu pada mu sekalian tentang 3 dosa besar yang paling besar (Rasulullah mengucapkannya 3 kali) : Mempersekutukan Allah, Durhaka pada  ibu bapak dan sumpah palsu - H.R Muslim

(3) Makanan

Rasulullah bersabda : makanan 2 orang, cukup untuk 3 orang, makanan untuk 3 orang, cukup untuk 4 orang - H.R Bukhari

(4) Pemimpin

Rasulullah bersabda : Sesungguhnya imam (pemimpin, pembesar atau penguasa) itu bagaikan perisai, dimana orang berperang memakai perisai dan menjaga diri dengannya. Jika imam memerintahkan supaya taqwa kepada Allah ' Azza Wa Jalla dan berlaku adil, dia mendapat pahala karenanya, dan jika dia memerintahkan selain itu, maka dia mendapat siksa - H.R Muslim

masih banyak lagi :""D
yok nambah ilmu lebih banyak lagi !

Minggu, 03 Juni 2012

Istimewa :)

0 comments
ada nasehat penguat dari seorang teman yang saya sayangi,
jadi ada cerita, percakapan antara Lelaki Inggris dan seorang Syaikh,


Lelaki inggris : “Kenapa dalam Islam wanita tdk boleh bersentuhan dengan sembarang pria?”

Syaikh : “Bisakah kamu berjabat tangan dengan ratu Elizabeth?
Lelaki inggris : “oh tentu tidak bisa! cuma orang2 tertentu saja yg bisa berjabat tangan dengan ratu.”
Syaikh tersenyum & berkata: “Wanita2 kami (Kaum muslimin) adalah para ratu, & ratu tidak boleh bersentuhan dengan pria sembarangan (yg bukan mahramnya”)


Lalu si inggris bertanya lagi : “Kenapa perempuan Islam menutupi tubuh dan rambut mereka?”
Syekh tersenyum dan punya 2 permen, ia membuka yang pertama terus yang satu lagi tertutup. Dia melemparkan keduanya kelantai.


Syaikh bertanya: “Jika saya meminta anda untuk mengambil satu permen, mana yang anda pilih?”
Si inggris menjawab: “Yang tertutup..”
Syeikh berkata : ” Itulah cara kami memperlakukan dan melihat perempuan kami"


Seperti itulah Islam memuliakan wanita :)
Terjaga dan Istimewa


Jadi ingat yang ditulis di Buku 33 Pesan Nabi, tentang masalah aurat :O


dari Abu Hurairah R.A, katanya Rasulullah SAW bersabda : "ada 2 macam penduduk neraka yang ke-2nya belum keliatan oleh ku,
(1) kaum yang memiliki cambuk seperti ekor sapi, yang dipergunakan untuk memukul orang
(2) wanita-wanita yang berpakaian, tetapi sama juga dengan bertelanjang (karena pakaiannya terlalu minim, terlalu tipis atau tembus pandang, terlalu ketat atau pakaian yang merangsang pria karena sebagian auratnya terbuka), dan wanita-wanita yang mudah dirayu atau suka merayu, rambut mereka (disasak) bagaikan punuk unta. Wanita-wanita tersebut tidak dapat masuk surga, bahkan tidak dapat mencium bau surga. Padahal bau Surga dapat tercium dari jarak yang sangat jauh - H.R Muslim


\(^^,)/
sekali lagi,
begitulah Islam memuliakan wanita :)


Jumat, 01 Juni 2012

Belajar Ukhuwah dari Al-Hujurat

0 comments
Dan demikianlah Kami wahyukan kepadamu wahyu (Al Quran) dengan perintah Kami. Sebelumnya kamu tidaklah mengetahui apakah Al Kitab (Al Quran) dan tidak pula mengetahui apakah iman itu, tetapi Kami menjadikan Al Quran itu cahaya, yang Kami tunjuki dengan dia siapa yang kami kehendaki di antara hamba-hamba Kami. Dan sesungguhnya kamu benar- benar memberi petunjuk kepada jalan yang lurus. - Q.S Asy-Syura 52


Allah telah menurunkan perkataan yang paling baik (yaitu) Al Quran yang serupa (ayat-ayatnya) lagi berulang-ulang, gemetar karenanya kulit orang-orang yang takut kepada Tuhannya, kemudian menjadi tenang kulit dan hati mereka di waktu mengingat Allah. Itulah petunjuk Allah, dengan kitab itu Dia menunjuki siapa yang dikehendaki-Nya. Dan barangsiapa yang disesatkan Allah, maka tidak seorang pun yang dapat memberi petunjuk.
-Q.S Az-Zumar 23


Subhanallah Al-Qur'an. Subhanallah Kitab semesta alam  :)


Wahai orang-orang beriman! Jika seseorang yang fasik datang kepadamu membawa suatu berita, maka telitilah kebenarannya, agar kamu tidak mencelakakan suatu kaum karena kebodohan, yang akhirnya menyesali perbuatanmu itu.
-Q.S Al-Hujurat 6


Dan apabila ada 2 golongan orang mukmin berperang, maka damaikanlah keduanya...
-Q.S Al-Hujurat 9


Sesungguhnya orang-orang mukmin itu bersaudara, karena itu damaikanlah antara ke-2 saudaramu (yang berselisih) dan bertakwalah kepada Allah agar kamu mendapat rahmat
-Q.S Al-Hujurat 10


Wahai orang-orang yang beriman, janganlah suatu kaum mengolok-olok kaum yang lain, (karena) boleh jadi mereka (yang diolok-olok) lebih baik dari mereka (yang mengolok-olok), dan jangan pula perempuan-perempuan (mengolok-olok) perempuan lain, (karena) boleh jadi perempuan (yang diolok-olok) lebih baik dari perempuan (yang mengolok-olok). Janganlah kamu saling mencela satu sama lain, dan janganlah saling memanggil dengan gelar-gelar yang buruk. Seburuk-buruknya panggilan adalah panggilan yang buruk (fasik) setelah beriman. Dan barang siapa yang tidak bertobat, maka mereka itulah orang-orang yang zalim.
-Q.S Al-Hujurat 11


Wahai orang-orang beriman! Jauhi lah prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu dosa, dan jangan lah kamu mencari-cari kesalahan orang lain, dan jangan lah ada di antara kamu yang menggunjing sebagian yang lain.
-Q.S Al-Hujurat 12


Sungguh, Allah mengetahui apa yang gaib di langit dan di bumi. Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan
-Q.S Al-Hujurat 18
 

Arnova Reswari Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template