Sabtu, 09 Juni 2012

Managemen Waktu #1

Yah, materi managemen waktu memang udah ga asing lagi bagi kita, udah sering dapet kok di upgrading softskill mana pun, termasuk MABIM :p
Tapi..
mmmm, ter-realisasi ga ya?!
"Managemen waktu sederhananya adalah mengatur waktu, tetapi tidak hanya mengatur saja, sejatinya berusaha untuk mencapai tujuan tertentu.." -Dienchephalon, MABIM 2012
Oke, izinkan saya sedikit mengkritisi, masih agak gantung di kalimat "mencapai tujuan tertentu". Tujuan tertentu apa??
Tujuan dunia saja??

Tertarik saya buat sedikit sharing tentang buku yang baru saja saya baca, Managemen Waktu Metode Qur'ani, "Kuingin waktuku jadi jembatanku menuju Surga". Nah, mari kita renungkan sedikit kalimat "waktu menentukan NASIB Anda di Hari Kalimat". Kita semua udah pada tau kan, hal pertama yang akan ditanyakan kepada kita nanti pasti tentang, apa saja yang kita lakukan selama hidup di dunia? Gimana sholat kita? Puasa? Sedekah? dll, itu semua menjurus ke 1 masalah, yaitu WAKTU, dan pemanfaatan waktu itu sendiri.
Jalan paling baik untuk bisa memenej waktu dan bisa mengantarkan kebahagiaan hanya satu, yakni Kitabullah. Sesungguhnya buku-buku ciptaan manusia bersandar pada pengalaman, yang mungkin benar atau salah. Tapi Kitabullah adalah kitab Pencipta manusia yang pasti telah memberi hasil yang BENAR.
Mari masuk ke "tujuan tertentu"-yang dijelaskan di modul MABIM 2012. Apasih target kita sebenarnya dalam managemen waktu?? Hidup itu targetnya hanya 1, yaitu ridha Allah SWT :)

Yang paling penting dalam metode memenej waktu adalah menenentukan target utama sejak awal, yaitu ridha Allah SWT. Caranya mudahnya adalah dengan menerima semua ketetapan dan ketentuan Allah. Allah Yang Maha Mengetahui hikmahnya. Kadang kita lupa, apapun kejadian itu sebenarnya baik untuk kita dan pasti membawa kebahagiaan.

Sebelum kita membuat program managemen waktu, kita harus paham dulu manfaat managemen waktu itu, apa manfaat bagi kita jika kita pintar "menjaga waktu". Dengan demikian, InsyaAllah pekerjaan memenej akan lebih efektif dan bisa memberi hasil yang diinginkan! :))

(1) Managemen waktu membawa kita menjadi BAHAGIA
Ini udah ada loh penelitiannya :) bahwa orang yang pintar memanfaatkan waktunya lebih baik, pasti lebih bahagia daripada orang yang menyia-nyiakan waktu. Pemberdayaan waktu secara utuh itu ada pada Al-Quran.
Memanfaatkan waktu itu adalah KUNCI dari kebahagiaan sejati
Liat contoh simpel deh, percaya ga percaya, kemampuan menghafal orang yang udah biasa ngafal Al-Quran itu lebih cepat daripada orang yang ga menghafal Al-Quran. Buktinya nyata kok, ngafalin pelajaran apapun ! Jadinya, para "penggemar ngafalin Qur'an" ini lebih mudah dalam belajar sehari-harinya, karena kemampuannya menyatu dengan Qur'an itu tadi. ga percaya? Buktikan, karena saya sudah membuktikan! :)
*ps : silahkan nanya ke teh Al Urwatul Wutsqo deh :p

(2) RASA PUAS dan hidup sukses
Wah ini kesannya orientasi dunia banget ya :p . Engga kok, mari kita kesampingkan dulu deh masalah dunia-duniaan. Cara membuat hati puas adalah pemberdayaan waktu dengan mengingat Allah :) Gini nih mind mapping versi saya:
mengingat Allah --> rasa puas, damai, tentram --> BAHAGIA --> menyuplai energi BESAR diri kita untuk lebih produktif lagi, lagi dan lagi --> apapun pekerjaan akan selesai tepat waktu --> SUKSES !

(3) Managemen waktu dan UANG
Bisanya pola pikir kita UANG identik dengan pekerjaan. Tapi, disini gimana cara investasi uang yang banyak itu untuk Allah. Artinya, perolehan uang dan harta itu merupakan saran untuk mendapatkan ridha Allah. Banyak kan firman Allah yang mengaitkan masalah rizki dengan ketaqwaan, yaitu unsur pemanfaatan amal-amal shalih, yakin kepada Allah dan kemurahan Allah SWT. Yakin bahwa Allah Maha Kuasa atas pemberian rizki kepada hamba-hambanya. 

Ketika kita berupaya mengoptimalkan waktu untuk ridha Allah, maka Allah akan menghamparkan seluruhnya untuk mendukung usaha kita :). Sederhananya pengelolaan waktu yang baik -->untuk ridha Allah --> rizki bertambah, atas izin Allah.

(4) Manfaat yang TAK TERHITUNG
Pemanfaatan waktu yang benar, yaitu sesuai Al-Qur'an dan Sunnah. Selain meningkatkan produktivitas kerja dalam waktu yang relatif singkat, juga mampu memberi solusi dari beragam masalah yang ada dengan jerih payah yang lebih sedikit. Mampu menanamkan stabilitas inividu dan sosial yang lebih KUAT, dan mampu menciptakan sebuah hidup baru bagi kita.
Dunia semut merupakan contoh terbaik dalam soal manajemen waktu. Seekor semut tidak sedikitpun melewati waktu tanpa kerja yang berguna. Ia bekerjasama dengan semut lain dalam kelompoknya, menginvestasikan waktu dengan cara mengagumkan
Apakah kita bisa mengambil pelajaran dari makhluk Allah yang kecil ini? :)) 

-bersambung-

0 comments:

Posting Komentar

 

Arnova Reswari Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template