Selasa, 10 Juli 2012

penghargaan

Harusnya, keterbukaan dan kepercayaan diikuti oleh penghargaan diri satu sama lain. :)
Begini loh teman-teman,
Teman-teman pernah menjadi "tong kepercayaan" atau tempat curhat orang lain? Ya. Saat seseorang udah ngomong hal pribadi sama kita, ada semacam perasaan "wah, dia percaya sama kita" :) , seneng, bangga jadi orang kepercayaan, berusaha menjaga rahasia orang tersebut. Baik itu rahasia yang baik, bahkan sampai aib sekalipun, Insya'Allah kita selalu berusaha menjaganya.

keterbukaan dan kepercayaan diikuti oleh penghargaan diri satu sama lain ..
maksudnya,
saat kita sudah mengetahui celah seseorang karena ceritanya pada kita, saat ia mengaku salah, saat ia mau jujur--baik itu cerita yang kita senangi atau tidak, akan kah kita tetap memberikan penghargaan terhadapanya?? Masih bisa kah kita melihatnya sebagai sosok/pribadi yang kita kenal sebelumnya? Atau malah berubah terhadapnya? Membuang jauh segala prasangka baik yang pernah dulu kita bangun, dan menggantinya dengan sebuah "judgment" ?

keterbukaan dan kepercayaan diikuti oleh penghargaan diri satu sama lain ..
Saat seseorang berusaha terbuka kepada kita, percaya pada kita, maka jangan lupa dengan nilai penghargaan. Berusahalah bijak ! Setiap manusia itu punya celah. Ada hal-hal yang tidak perlu kita ungkit-ungkit. Ada hal-hal (celah manusia) yang Allah saja telah menutupnya, dan tidak perlu kita buka-buka, sehingga menghilangkan penghargaan untuk orang tersebut.
"...dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain .." Q.S 49:12

Islam mengetahui kelemahan makhluk yang bernama manusia, sehingga tidak pernah memperlakukannya dengan kasar dan tidak segera mengusirnya dari rahmat Allah ketika ia mendzalimi dirinya. Tapi cukuplah bagi manusia bahwa cahaya keimanan masih ada dalam jiwanya dan belum padam, bahwa embun keimanan masih basah dan belum kering, bahwa hubungannya dengan Allah masih segar dan belum layu, bahwa ia mengetahui dirinya adalah hamba yang berdosa dan bahwa ia memiliki Rabb yang mengampuni - Salim A. Fillah 

0 comments:

Posting Komentar

 

Arnova Reswari Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template