Senin, 23 Juli 2012

Tarbiyah Hasan Al-Banna

Tau ga budaya liqo atau mentoring itu datang dari mana?? Kenapa sih mentoring itu penting? Kenapa ikatan orang di dalamnya bisa kuat banget ya? :3


Adalah suatu Jamaah hebat, sebuah gerakan da'wah mendunia dan modern, bernama Al-Ikhwan Al-Muslimun. Bergerak dalam semua bidang. Universal. Sarat dengan nilai-nilai moral, yang menggabungkan antara kekuatan ilmu dan iman. Salah satu aspek dari gerakan da'wah Al Ikhwan Al Muslimun adalah aspek Tarbiyah (Pembinaan dan Kaderisasi).


"Salah 1 pencapaian Al Ikhwan yang paling signifikan adalah terbentuknya generasi baru Muslim yang memahami Islam secara benar, meyakini secara mendalam, mempraktikannya dalam diri sendiri dan keluarganya, berjuang meninggikan kalimatnya, menerapkan syari'atnya dan menyatukan ummatnya."
-Tarbiyah Hasan Al Banna dalam Jamaah Al Ikhwan Al-Muslimun


Terciptanya pribadi Muslim yang tidak hanya cukup berIslam dengan mendirikan sholat, puasa, dzikir dan do'a. Sedangkan kalo diceritakan kondisi Islam dan kaum Muslimin, ia hanya bersimpati dengan mengucapkan Hauqalah dan Istirja'. Disinilah perannya tarbiyah, mendidik model Muslim yang hatinya penuh dengan gejolak semangat keIslaman, hatinya sedih, pilu, sakit jika mengingat kondisi umat Islam, kepiluan kemudiam melahirkan kekuatan yang mendorong untuk BERGERAK, dan motivasi yang membangkitkan untuk melakukan perubahan! Tidak menyerah pada realita, berusaha membuat perubahan. Yakin bahwa perubahan itulah Qadha' Allah yang pasti menang dan takdir-Nya yang tidak dapat ditolak. Inilah sosok Muslim yang menegakkan risalah, membangun umat dan meciptakan peradaban.


Tarbiyah Islamiyah yang dipraktekkan Al-Ikhwan Al-Muslimun mempunyai beberapa karakteristik dan keistimewaan, yaitu :
(1) Menekankan nilai Rabbaniyah
(2) Integral dan Holistik
(3) Moderat dan seimbang
(4) Positif dan Membangun
(5) Ukhuwah dan semangat Jama'ah
(6) Berkarakter
(7) Independen


Masih ingin tahu banyak?? Baca sendiri deh di "Tarbiyah Hasan Al-Banna". Nih nih saya liatin cover-nya kalo mau beli :p

Mumpung libur, mumpung Ramadhan, selain banyakin ibadah, otak juga perlu nih nutrisi yang beginian. Semoga manfaat! :)

0 comments:

Posting Komentar

 

Arnova Reswari Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template