Selasa, 07 Agustus 2012

24 hours for Ramadhan!

Tidak terasa hari-hari Ramadhan makin cepat beranjak meninggalkan kita, ini udah hari ke-19 loh. Lalu sejauh apa kita memanfaatkannya sampai detik ini. Sudah berapa juz tilawah kita? Amalan sunah? Infak? Qiyamullail? Membantu ibu di dapur? Menyambung silaturrahim? Menambah wawasan tentang Islam? dan lain-lain?

Sebelum kita nangis guling-guling menyesali kelalaian kita terhadap waktu, yok koreksi lagi "niat" dan "target" awal kita.
Nah setelah membuka kembali lembaran target-target kita di awal bulan lalu. Mari maksimalkan tiap 24 jam waktu kita setiap harinya. Intinya adalah : "menyedikitkan TIDUR, 'bergerak' sebanyak-banyaknya, membuat manfaat sebesar-besarnya". Berikut cara-cara simpel yang InsyaAllah bisa membantu teman-teman memanfaatkan tiap-tiap 24 jam, setiap hari, dengan penuh suka cita :)
1. Saat sahur
Teman-teman bisa mengawali bangun tidur dengan segera mengambil wudhu, dan bersegera mendirikan sholat malam. Berdzikir lah sebanyak yang teman-teman bisa. Penuhi malam dengan istigfar dan dengan ucapan Lailahaillallah. Berdo'a dan memohon ampun lah, karena saat sepertiga malam Rabb kita turun ke langit dunia dan berfirman : 
“ Barang siapa berdoa kepada-Ku akan Aku kabulkan, barang siapa meminta kepada-Ku akan Aku beri, barang siapa memohon ampun kepadaku akan Aku ampuni” - HR. Bukhari dan Muslim
Kemudian, sahur lah di waktu akhir (saat mendekati Imsak/adzan Subuh) sesuai sunnah Rasulullah SAW. Banyak minum air putih dan makan secukupnya ya. :)
. 
2. Saat waktu Subuh hingga Dhuha
Cintai Rasullullah dengan menjalankan Sunnahnya. Pahala sunnah jadi pahala amalan wajib loh. Jadi, jangan ragu buat sholat Rawatib sebelum sholat wajib. Apalagi sholat sunnah 2 raka'at sebelum subuh itu lebih baik daripada dunia dan seisinya, sesuai HR. Muslim.

Setelah sholat subuh, teman-teman bisa mulai menyicil tilwah. Jika teman-teman mentargetkan sehari 1 juz, maka tiap-tiap sholat fardhu bisa dicicil 4-5 halaman biar terasa lebih ringan. Jadi, jangan langsung tidur ya, manfaat kan waktu subuh hinggu Dhuha buat tilawah, baca Al matsurah dan dzikir lainnya. Kemudian sholat Dhuha! :)
3. Setelah waktu Dhuha hingga Zhuhur
Bisa diisi dengan kegiatan yang mengasyikkan dan bermanfaat tentunya. Misalnya menulis, membaca buku-buku Islami, me-upgrade diri, mengulang-ngulang hafalan, atau membantu Ibu belanja dapur. *\(^O^)/*
tentunya dengan tidak lupaaaa :
Sealalu tersenyum ceria :)
  

perbanyak dzikir

udah sedekah beluum?

menyambung silaturrahim

4. Setelah Waktu Zhuhur hingga waktu Ashar
Setelah sholat Zhuhur, teman-teman boleh beristirahat (baca : tidur siang). Tidur juga ibadah loh. Tidur siang yang baik itu sekitar 20 menit, InsyaAllah kemampuan kognitif kita akan meningkat 40% di malam harinnya.

Bisa juga memanfaatkan waktu dengan membantu Ibu nyiapin makanan buat buka. Bereksperimen dengan motong-motongin pisang buat kolak misalnya, atau ngaduk-ngaduk gulai ayam sampe mateng. :D

5. Menjelang berbuka
Saatnya mencari ilmu dan mengademkan ruhiah. Biasanya di mesjid-mesjid tertentu ada acara ta'lim/tasqif. Tidak ada salahnya nimbrung nambah ilmu di sana. Selain nambah ilmu, juga bisa silaturrahim sama ibu-ibu komplek. Jika tidak memungkin kan, kita bisa mencari ilmu via TV, radio atau buku. Dan jangan lupa baca Al matsurah lagi buat sore hari yang indah ini. (^.^)

6. Berbuka
Berbuka lah dengan yang manis. Segerakan sholat Maghrib. Setelahnya boleh makan makanan berat.


7. Saat Malam hari
Setelah kenyang dengan santapan lezat ibu. Mari bersegera untuk panggilan Sholat Isya dan Tarawih di mesjid terdekat, bersama keluarga kesayangan. Tutup dan sempurnakan hari yang indah ini dengan Sholat Witir dan tilawah sebelum tidur.

Setelah semua target hari ini terpenuhi. Amalan wajib udah, amalan sunnah udah, sedekah, target 1 hari 1 juz juga udah. Saatnya untuk tidur, agar bisa bangun lebih awal.

Alhamdulillah.

"Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakan lah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain, dan hanya kepada Tuhan mu lah hendaknya kamu berharap " -Q.S 94 : 7-8

Mari manfaatkan Ramadhan ini sebaik-baiknya, karena belum tentu Ramadhan indah berikutnya menyapa kita. :')

sumber gambar : www.komikmuslimah.blogspot.com

postingan ini RESMI dapat award loh, Alhamdulillah! :)

0 comments:

Posting Komentar

 

Arnova Reswari Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template