Sabtu, 08 September 2012

Sinoatrial Node

Sinoatrial node, yang nama gaulnya adalah pacemaker! Ia adalah sebuah massa kecil di sel otot jantung. Saya langsung jatuh cinta mendengar namanya. Jika Naf bercerita tentang dirinya yang ingin sepeti vasa vasorum, saya lebih memilih menjadi sinoatrial node. :"""

Sinoatrial node ini (katanya) yang memberikan impuls ke jantung, yang nanti bikin otot-otot jantung kontraksi. Hingga kita bisa ngedenger suara lup-dub nya jantung. Lalu apa istimewanya sebuah node kecil ini?? Jadi, yang membuat saya jatuh cinta padanya adalah ... bahkan ketika tidak ada kontrol neural dan hormonal ekstrinsik, dia yang menciptakan aksi potensial itu, sehingga muncul lah aktivitas electrik, yang ujung-ujungnya menghasilkan suatu kontraksi otot jantung. :O

Lalu, iseng-iseng kelompok tutor saya mengambil kesimpulan, bahwa karena itulah ia disebut sebagai PACEMAKER. Perintis aksi potensial. Ia yang mentriger dirinya sendiri. Menciptakan aksi potensial yang nantinya akan mentriger atrioventicular node, hingga impuls itu berjalan ke bundle His , lalu ke fiber Purkinje. How sweet! :"""

Saya ingin seperti mu, sinoatrial node! Membangun diri sendiri, hingga kemudian bermanfaat bagi yang lain. Perintis.

1 minggu di Sistem Cardiovascular, dan saya jatuh cinta pada jantung. Subhanallah ciptaan Allah yang satu ini. Ribetnya super, tapi tiap-tiap komponennya unyu

Oke, mari kita sebut perkataan-perkataan saya yang aneh ini sebagai unyu-things!



0 comments:

Posting Komentar

 

Arnova Reswari Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template