Senin, 31 Desember 2012

malam tahun baru (?)

0 comments
Sedikit saya kasih bocoran, tidak ada yang istimewa dengan tiap malam terakhir di tiap penghabisan tahun Masehi. Malam akan berganti pagi, kemudian pagi akan berganti lagi menjadi malam, begitu seterusnya. Tidak ada yang spesial bro-sista! Yang berbeda hanyalah, setelah jam 00, tahun akan berganti menjadi 2013, sedangkan sore ini masih tahun 2012. Hanya angka yang bertambah.

Terlebih untuk kamu, kamu, kamu, kamu semua yang mengaku beragama Islam. Ayoolaaah, kita punya tahun baru punya kita sendiri bro-sista! Ngapain heboh-heboh tiada henti merayakan tahun baru yang kalo dipikir-pikir esensinya engga ada. Ngapain penuhi-penuhin jalan raya dan mall, mending tidur di rumah masing-masing. Toh besok masih ada hari. ~("-.-)~

Kalo boleh mari kita ambil sikap bijak, meskipun malam ini sebenarnya tidak harus bermuhasabah (tidak dikhususkan), bermuhasabah mah kapan pun bisa di sepertiga malam terakhir. Kapanpun deh! Ga harus hari ini juga. :p

Sedikit opini saya saja sih. Tidak ada yang spesial dengan tahun baru. Harapan, doa, rencana, resolusi, segala macam revolusi, dan segala macam bentuk perbaikan diri bisa kita lakukan setiap hari.

Minggu, 30 Desember 2012

Bertemu takdir

0 comments

xeniagreekmuslimah.wordpress.com

Jika kita punya sebuah mimpi/cita-cita, maka berdoalah, jangan pernah segan meminta pada Allah, terus menerus. Gantungkan segala harap hanya pada-Nya. Menangislah hanya padanya. Mengadu lah hanya pada-Nya. Karena keputusan itu pastilah berakhir pada-Nya. Segigih apapun usaha kita, jika Allah tidak meridhoi, mimpi kita pastilah tidak akan terwujud.
Berdoa dan berusaha lah!
Berusaha lah dengan sebaik-baiknya usaha.
Buat lah agar mimpi kita bertemu dengan takdir-Nya.
Agar mimpi tersebut melebur bersama takdir, menjadi nyata.


-Arnova Reswari
di penghujung tahun 2012, Desember.
*pre-SOOCA (._.)

Selasa, 25 Desember 2012

Cahaya, sumber bahagia

0 comments
Dengan kelembutannya,
yang menurutnya Ia tak lembut, Ia selalu sabar mengajari.

Dengan kepeduliannya,
yang menurutnya Ia tak peduli, Ia tak pernah lelah menasehati.

Ia membenarkan lidahku, saat ucapan ku terbata-bata.
Ia meluruskan langkahku, saat arah ku mulai berbelok.
Ia adalah cahaya.
Ia adalah sumber bahagia.
Ia adalah segalanya.


Selasa, 18 Desember 2012

Imperium

0 comments
"Dalam tradisi perlawanan, taruhannya adalah keberanian. Disini, taruhannya adalah kearifan. Tapi dalam dua-duanya ada kesunyian. Disana kamu melawan dalam sunyi, di sini kamu bekerja dalam sunyi. Disana kamu berdarah-darah sendiri, disini kamu menguras semua energi jiwamu. Memeras serat-serat pikiranmu. Sendiri.

Ketika orang tertidur, kamu terbangun, itulah susahnya.
Ketika orang merampas, kamu membagi, itulah peliknya.
Ketika orang menikmati, kamu menciptakan, itulah rumitnya.
Ketika orang mengadu, kamu bertanggungjawab, itulah repotnya.
Maka tidak banyak orang bersama mu disini .."

-Mencari Pahlawan Indonesia, Anis Matta

Pasca UJIAN TULIS CIMSA Get-OFFicial, untuk generasi terbaik CIMSA FK Unpad 2013-2014.

"Tidak akan ada banyak orang bersamamu!" Kenikmatan kebersamaan itu hanya sementara, saat waktu mulai mengikisnya, yang membersamai mu akan berguguran satu per satu. Hilang. Dan kamu mulai merasakan sesaknya kesendirian.

Teringat saat dulu saya pernah ikut tasqif Leader yang dilaksanakan oleh Divisi Kaderisasi KAMI Asy-Syifaa'. Saya bertanya kepada salah seorang pelaksananya,
"Lho kok yang hadir cuma segini?"
Dengan tegar Ia menjawab, "begini lah teh, tidak mudah untuk menjadi pejuang, hanya orang-orang kuat lah yang mampu bertahan."

Memang harus benar-benar membersihkan niat lagi, agar tetap kuat bertahan. :')

Kamis, 13 Desember 2012

Amanah itu mendewasakan, InsyaAllah

0 comments
Seseorang menangis karena membayangkan nasib saya 3 bulan ke depan. Membayangkan saya dengan 2 organisasi besar, dengan kerja yang krusial, dengan stressor akademik yang kian meningkat, dan sidang UP (skripsi).

Kata Salahudin Al-Ayyubi, bukan kita yang memilih takdir, takdirlah yang memilih kita. Amanah salah satunya. Kadang saat seseorang merasa tidak mampu terhadap amanahnya, bisa jadi ia kufur, karena Amanah itu datang dari Maha Perancang Takdir.

Allah, Allah..
Mungkin harus introspeksi lagi. Mulai dari niat! Bekerjalah dengan cinta, dengan hanya mengharapkan balasan dari-Nya. Karena amanah ini tidak ada reward gaji atau promosi jabatan, dan jika hanya berorientasi pada tugas atau pandangan manusia. Hasilnya hanya akan ada lelah.


Jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu.”
(Q.S. Muhammad :7)



Minggu, 09 Desember 2012

Kaderisasi

0 comments

“ Dan hendaklah takut (kepada Allah) orang-orang yang sekiranya mereka meninggalkan keturunan yang lemah dibelakang mereka yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan)nya. Oleh sebab itu, hendaklah mereka bertakwa kepada Allah, dan hendaklah mereka berbicara dengan tutur kata yang benar.”
(Q.S An-Nisa: 9)

Tahun lalu, tahun ini dan tahun depan, akan berjalan sama. Masih dengan ketakutan yang sama. Kaderisasi! Memberikan bekal, mengoper estafet kepemimpinan, menyiapkan generasi, meninggalkan kesan baik, agar "yang ditinggalkan" tetap 1 tujuan.

Semester 3 lalu, beserta pendekar-pendekar Pembinaan dan Kaderisasi Senat Mahasiswa FK Unpad, kami berusaha membentuk "karakter" angkatan 2011, adik-adik kami. Mungkin banyak kekurangan, banyak kritikan dan sindiran tentang MABIM tahun itu. Tentang betapa tidak kompaknya kami, tentang betapa kami belum pantas menjadi teladan, tentang betapa letih dan jenuhnya kami. Hingga suatu hari saya tersenyum melihat betapa HEBATnya 2011. Ya, 2011 memang aslinya memang angkatan yang keren sih, tapi semoga kekerenan mereka itu tidak lepas dari pengaruh OPPEK dan MABIM, meski sedikit. :')

Tahun ini, masih bekerja untuk yang sama. Upgrading demi upgrading telah dilewati anggota CIMSA FK Unpad 2011. Ya, mengubah segala sesuatu tidak semudah ucapan mulut saja. Susah dan beraat. Jika tahun lalu saya masih dengan mudah merencanakan mimpi-mimpi saya, sangat ideal untuk CIMSA. Setelah menjalaninya, mewujudkan mimpi itu tidak semudah saya mengucapkannya. Masih banyak kekurangan dan kesalahan yang saya lakukan dalam proses mewujudkannya, baik dalam hal teknis maupun metoda.

Sekarang, sudah saatnya kader-kader itu tumbuh, naik level untuk menggantikan tempat saya dan teman-teman Official 2012-2013. Dan sudah saatnya juga CIMSA me-recruit angkatan 2012 untuk bergabung, belajar bersama kami di CIMSA. Ah, kenapa setiap perpisahan itu selalu diakhiri dengan rasa cinta yang berlebihan. Takut kehilangan. Saya semakin takut meninggalkan mereka, meninggalkan generasi di belakang kami. :")

ya, itu lah Kaderisasi.
sebuah rasa yang hangat, yang muncul dari jiwa-jiwa yang rela. 
Saya masih ingat teh Fulki tahun lalu menyebut dirinya dan teman-temannya sebagai organel saat SCORE, orang-orang yang rela. 

Orang yang rela untuk tidak memikirkan dirinya sendiri. Orang yang tidak rela generasi setelahnya tidak lebih baik darinya. Orang yang rela, oke, mungkin tahun ini "saya masih buruk", tapi tahun depan, "penerus saya harus membuat segala keburukan ini menjadi baik!"

Dan sungguh, kaderisasi itu tidak mudah. Butuh proses yang PANJAAANG untuk memperbaiki sistem. Butuh PROSES untuk mengubah perilaku, pemikiran dan karakter SDM. Tidak semudah memberi masukan dan hanya mengkritik dari balik layar.

dan InsyaAllah, ditahun depan, saya akan meloncat ke organisasi yang tidak kalah heboh dan besarnya sama Senat dan CIMSA. Ia lah KAMI Asy-Syifaa' :) Masih dengan dunia yang sama, kaderisasi. Di Asy-Syifaa, saya akan lebih fokus sama pengurus besar dan pengurus intinya, di biro Sumber Daya Manusia dan Keluarga. Agak aneh memang namanya, setelah tau filosofinya, saya agak jadi membisu. :"|

Selain upgrading pengurus, ada sebuah nilai yang ditekankan, nilai yang mereka sebut sebagai "ukhuwah". Karena itu ada tambahan embel-embel "keluarga" di belakangnya. Setelah ngobrol bareng Kabir SDMK tahun ini yang super keren, saya hanya bisa ngomong 1 kalimat, "saya masih harus banyak belajar ._.", SDMK akan berbeda dengan P dan K, mungkin akan berbeda dengan HRD di CIMSA, karena kita ga cuma mengurus "pengurus", tapi lebih tepatnya mengurus "saudara seiman" dalam masalah softskill dan tentang ke-organisasi-an. Sungguh, sepertinya nanti staff saya akan lebih berkompeten daripada saya. Hiks.

Ini akan menjadi sebuah cerita lucu, dimana saya harus ngurusin objek yang beda-beda dari tahun ke tahun. Mahasiswa baru yang lucu-lucu, teman-teman yang berjiwa mengabdi dan orang-orang sholeh yang ingin konsisten berbuat kebaikan. :)

Kaderisasi. Semoga siapapun yang terlibat di dalamnya, Allah mudahkan segala urusannya.

Ps : teruntuk semua wanita, bukankah nanti kita juga akan melakukan proses "kaderisasi"? Ya, mengkader generasi setelah kita, agar akhlaknya jauh lebih baik daripada ayah dan ibunya. :) *efek long-term kaderisasi :p *




Sabtu, 08 Desember 2012

Kegagalan

0 comments
Bulan Desember, masih hujan, seneeeng! :)
Sore ini, sembari menunggu Maghrib saya pengen cerita tentang kegagalan! Ayo, siapa yang dalam hidupnya belum pernah GAGAL?! >:D

Kegagalan, semua makhluk hidup pasti pernah menyicip rasanya gagal, termasuk kecoa yang berusaha masuk ke kamar tapi keburu "syahid" karena udah dibunuh sama manusia yang punya kamar atau pohon yang diserang hama sebelum dia berbuah. Ya, semua hal yang tidak sesuai dengan ekspektasi, itulah yang namanya kegagalan. Karena yaaa, hidup itu sulit. Untuk mendapatkan hal yang berharga juga tidak mudah.

Saya jadi ingat sesosok orang di masa lalu yang saya suka, namanya Muhammad Al-Fatih, yang namanya begitu harum mewangi, beserta pasukan perangnya. Membebaskan kota Konstantinopel, pastilah itu bukan hal yang mudah untuk sesosok pemuda berusia 23 tahun sepertinya. Tapi, siapa yang menyangka bahwa Al-Fatih ternyata bukanlah orang yang pertama kali bermimpi untuk menaklukkan kota Konstantinopel. Itu adalah mimpi 8 abad Kaum Muslimim. Semua serangan gagal selama ber-abad-abad itu. Begitu juga saat awal-awal Al-Fatih menyerang, juga mengalami hal yang sama. GAGAL! Dan kegagalan yang sama juga pernah dialami Al-Fatih di masa lalunya dulu, GAGAL memimpin negaranya saat berusia 16 tahun.

Saya iseng berfikir, seandainya, Kaum Muslimin sudah menyerah saat serangan setelah 6 abad, bagaimana jadinya? Tentu tidak akan ada kemenangan, karena faktanya kemenangan direbut setelah 8 abad. Seandainya, Indonesia setelah 3,5 abad dijajah Belanda, dan kemudian menyerah setelah dijajah Jepang, mungkin hari ini kita masih perang. Namun, fakta membuktikan kita bisa merdeka setelah kegagalan demi kegagalan dilewati.

Lalu, kenapa orang-orang sukses yang dulu pernah GAGAL, ga pernah kapok mewujudkan mimpinya? Sssst. Ada rahasianya ternyata! :O

Pertama, ada MIMPI yang BELUM SELESAI! dan Kegagalan itu tidak sedikitpun menyentuh wilayah mimpinya. Mimpi itu sama sekali tidak ternoda oleh kegagalan, hiks :'). Apa yang dibutuhkan, cuma TEKAD! Tekad yang kuantitasnya jauh lebib besar melampaui besarnya kegagalan.

Kedua, Semangat Pembelajaran yang KONSTAN! Seorang pembelajar, pasti tahu pasti, kegagalan itu adalah tabiat kehidupan, wajar. Karena kita bukan Malaikat, bukan Supermen. Kita Manusia, saat kegagalan sudah ga terelakkan, maka berusahalah "memaafkan diri" kita. Petik pelajaran dari kegagalan itu, kemudian ubah apa yang salah agar tidak terulangi lagi.

Ketiga, Kepercayaan pada WAKTU. Hidup katanya seperti roda kan? Kadang di atas, kadang di bawah. Kadang mendaki, kadang menurun. Kemenangan akan muncul di saat yang pas, di tempat yang pas! Hari ini gagal, bukan berarti besok juga gagal. Pasti ada hari dimana kita menang! :)

"Setiap peristiwa ada waktunya, maka setiap kemenangan ada jadwalnya. Ada banyak rahasia yang tersimpan dalam rahim sang waktu .." -Anis Matta, Mencari Pahlawan Indonesia

Jadi, buat yang merasa "pernah gagal", mari praktekkan 3 rahasia ini, sssst! ini ra-ha-sia! :3

elitedaily.com

Rabu, 05 Desember 2012

Az-Zahra dan Avicenna

0 comments
Hujan di bulan Desember,
membawa berkah,
dan menyenangkan tentunya ! :D

Oke, pagi ini saya akan bercerita tentang sahabat-sahabat yang senantiasa menemani hari-hari saya setahun terakhir ini, sebut mereka Akhwat A2, hehe, \(>.<)/ Oke, ini berawal saya ngekos di sebuah kosan unik, yang biasa disebut orang2 A3. A3 itu adalah singkatan dari Az-Zahra, Averous, dan Avicenna. Semua kosan tersebut dikelola oleh pemilik yang sama, dan letaknya pun deketan, tapi Averous itu pagar beda sendiri sih, beda sama Az-Zahra dan Avicenna yang tanpa sekat, jadi saya (anak kosan Az-Zahra) bisa seenaknya menjajah ke Avicenna. X"D

Well, ada 10 orang sahabat disini, dan semuanya beddaaa karakernya. Namun kepribadiannya keren-keren dan bikin salut deh. :3
1. Nachan : Ia seperti namanya, Cahaya dan selalu bercahaya! Nachan ini temen sekamar saya waktu tahun 1 dulu, kita menyebut diri kita tsamaniah. Nachan ini, meski masih kecil, Ia dewasa, tapi kalo lama-lama ngobrol sama dia sifat aslinya muncul kok -.-", dan melankolis banget, sekali lagi melankolis banget! Ada sesuatu hal dalam dirinya, yang saya juga ga ngerti apa, yang bikin saya kadang "mendadak" kangen Nachan. Nachan juga anaknya romantis, suka tiba-tiba ngasih saya coklat atau main ke kamar dalam keadaan random (-.-")

2. Yabo : Yabo adalah sesosok yang hidupnya paling simpel. Enjoy aja kayak air mengalir yang terjun bebas. Loncatan listriknya cepat jadi kalo ngobrol sama Yabo harus cepat tanggap juga. XD . Yabo itu kayak mama mama, pinter masak, dan kamarnya enak buat diinvasi. Oh ya, Yabo itu minang loh #teruskenapa?! ~(-.-")~

3. Atul : sesosok minang yang kalem dan dewasa, lemah lembut, lemah gemulai dan pecinta Korea (-.-"). Kalo liat atul, selalu kebayang running man dan kopi.  Atul itu kalo di kosan titik titik titik, ayo tebaaaaak! Atul itu elegan!

4. Farhatul : Sesosok anti-minang, paling macho, independen, tangguh, dan preman. rrrrr, serem! Pasangan koleris saya, paham kita banyak yang sama. Dibalik kemacho-annya, tersimpan kelembutan seperti roti tawar basah. :')

5. Cikgu : Cikgu ini paling pinter, baik hati, lemah lembut gemulai (juga), cumlauder. Sifatnya cikgu plegmatis banget. Ia juga sunda banget. Saya salut deh sama cikgu, selain dia cumlauder, dia juga entrepreneur yang jualannya banyak banget.

6. Cakue : Aktivis sejati. Minang (ini Cakue yang request, harus ditulis kalo dia juga Minang) -...-" Ada beberapa kesamaan saya dan cakue, yaitu kita sama-sama suka pembinaan dan kaderisasi, dulu sih sama-sama ENTJ, sanguinis, dan sama-sama golongan darah B. Bedanya cakue itu kayak mama mama banget -.-", pinter masak, senang menasehati, perhatian banget. Kata yasmimonce, Cakue itu ibarat negara Inggris, penjajah kamar orang luar biasa. x"D . terus jadi rameee deh! Kalo saya lagi kangen Senat dan P dan K, saya cukup ngobrol sama cakue, dan kekangenan itu pun terobati :')

7. Malaskii : Jangan tertipu saat melihatnya, dari luar terlihat keibuan. Ternyataaa, malaski itu jago basket, jago wushu (ini semacam bela diri yang saya ga ngerti gimana), dia juga pinter memanah! Wuuuu, takut :3 . Ia itu minang sejati yang ga bisa ngomong bahasa minang. Nah, dia juga pinter banget masak, menjahit, bikin pernak-pernik jilbab, dan anaknya rapi.

8. Miae : Sesosok minang keren, yang perhatian dan tangguh. Saya suka pola pemikiran garis kerasnya dan sikap keberaniannya dalam bertindak. Ia rajin, pola hidupnya teratur, terus sampai sekarang masih menjabat sebangai ketua BBC (Belajar Bareng Cikgu). Termasuk akhwat yang berprinsip kuat, patut untuk dicontoh. Miae ini suka kucing, tapi suka pilih-pilih kucing, jadi tergantung kepribadian kucing itu juga sih :3

9. Ningo : berbicara tentang Ningo, kita berbicara tentang kelembutan hati, sifat plegmatis yang terlihat dominan. Kamarnya tepat di depan kamar saya, dan senantiasa rela dijajah oleh saya, miae dan cakue. Antara miae dan ningo terdapat reseptor "menye", dan saya suka tertular -.-" *nyalahin orang*. Saat reseptor tertawa ningo teraktivasi, maka berhati-hatilah, bisa jadi mendestruksi barang-barang disekitarnya. (O_O)/*

10. Yasmimonce : Yaaah, siapa sih di dunia per-fk-unpad-an yang tak kenal sosok melankolis ini. Kalo ngobrol sama dia pertama kali pasti serem, volume suaranya guede dan preman banget. Kalo dia itu ikhwan, pasti dia udah jadi KETUA KAMI Asy-Syifaa' FK UNPAD, yeeeee. Namun, takdir berkata lain. Tragedi demi tragedi Ia lewati. Yasmimonce itu kaya spongebob, anaknya lugu kayak bayi dan suka ketawa, dan ter-bully. Kita mulai "menempel" sejak rihlah ke Depok dan mabit dari mesjid ke mesjid, dan semakin menempel tanpa saya sadari. ~(-.-")~ Yasmimonceeeee itu InsyaAllah tahun depan, yuhuu~, mari kita doakan! Yak, pembahasan tentang karakteristik yasmimonce akan kita bahas di postingan selanjutnya, sepertinya membicarakannya adalah topik yang menarik dan hot untuk digali lebih dalam :p

"Dia (Allah) yang mempersatukan hati mereka (orang yang beriman). Walaupun kamu menginfakkan semua (kekayaan) yang berada di bumi, niscaya kamu tidak dapat mempersatukan hati mereka, tetapi Allah telah mempersatukan hati mereka. Sungguh, Dia Mahaperkasa, Mahabijaksana." -Q.S 8:63

Bangga punya teman-teman keren seperti mereka, Alhamdulillah! :)
 

Arnova Reswari Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template