Sabtu, 08 Desember 2012

Kegagalan

Bulan Desember, masih hujan, seneeeng! :)
Sore ini, sembari menunggu Maghrib saya pengen cerita tentang kegagalan! Ayo, siapa yang dalam hidupnya belum pernah GAGAL?! >:D

Kegagalan, semua makhluk hidup pasti pernah menyicip rasanya gagal, termasuk kecoa yang berusaha masuk ke kamar tapi keburu "syahid" karena udah dibunuh sama manusia yang punya kamar atau pohon yang diserang hama sebelum dia berbuah. Ya, semua hal yang tidak sesuai dengan ekspektasi, itulah yang namanya kegagalan. Karena yaaa, hidup itu sulit. Untuk mendapatkan hal yang berharga juga tidak mudah.

Saya jadi ingat sesosok orang di masa lalu yang saya suka, namanya Muhammad Al-Fatih, yang namanya begitu harum mewangi, beserta pasukan perangnya. Membebaskan kota Konstantinopel, pastilah itu bukan hal yang mudah untuk sesosok pemuda berusia 23 tahun sepertinya. Tapi, siapa yang menyangka bahwa Al-Fatih ternyata bukanlah orang yang pertama kali bermimpi untuk menaklukkan kota Konstantinopel. Itu adalah mimpi 8 abad Kaum Muslimim. Semua serangan gagal selama ber-abad-abad itu. Begitu juga saat awal-awal Al-Fatih menyerang, juga mengalami hal yang sama. GAGAL! Dan kegagalan yang sama juga pernah dialami Al-Fatih di masa lalunya dulu, GAGAL memimpin negaranya saat berusia 16 tahun.

Saya iseng berfikir, seandainya, Kaum Muslimin sudah menyerah saat serangan setelah 6 abad, bagaimana jadinya? Tentu tidak akan ada kemenangan, karena faktanya kemenangan direbut setelah 8 abad. Seandainya, Indonesia setelah 3,5 abad dijajah Belanda, dan kemudian menyerah setelah dijajah Jepang, mungkin hari ini kita masih perang. Namun, fakta membuktikan kita bisa merdeka setelah kegagalan demi kegagalan dilewati.

Lalu, kenapa orang-orang sukses yang dulu pernah GAGAL, ga pernah kapok mewujudkan mimpinya? Sssst. Ada rahasianya ternyata! :O

Pertama, ada MIMPI yang BELUM SELESAI! dan Kegagalan itu tidak sedikitpun menyentuh wilayah mimpinya. Mimpi itu sama sekali tidak ternoda oleh kegagalan, hiks :'). Apa yang dibutuhkan, cuma TEKAD! Tekad yang kuantitasnya jauh lebib besar melampaui besarnya kegagalan.

Kedua, Semangat Pembelajaran yang KONSTAN! Seorang pembelajar, pasti tahu pasti, kegagalan itu adalah tabiat kehidupan, wajar. Karena kita bukan Malaikat, bukan Supermen. Kita Manusia, saat kegagalan sudah ga terelakkan, maka berusahalah "memaafkan diri" kita. Petik pelajaran dari kegagalan itu, kemudian ubah apa yang salah agar tidak terulangi lagi.

Ketiga, Kepercayaan pada WAKTU. Hidup katanya seperti roda kan? Kadang di atas, kadang di bawah. Kadang mendaki, kadang menurun. Kemenangan akan muncul di saat yang pas, di tempat yang pas! Hari ini gagal, bukan berarti besok juga gagal. Pasti ada hari dimana kita menang! :)

"Setiap peristiwa ada waktunya, maka setiap kemenangan ada jadwalnya. Ada banyak rahasia yang tersimpan dalam rahim sang waktu .." -Anis Matta, Mencari Pahlawan Indonesia

Jadi, buat yang merasa "pernah gagal", mari praktekkan 3 rahasia ini, sssst! ini ra-ha-sia! :3

elitedaily.com

0 comments:

Posting Komentar

 

Arnova Reswari Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template