Rabu, 10 Juli 2013

Ramadhan di Rumah Baru Kami

Assalamu'alaykum, izinkan saya sedikit bercerita tentang Ramadhan yang Insya'Allah lebih seru dan lebih hebat dari tahun lalu ;D

Ramadhan tahun ini, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya. Hampir sebulan dihabiskan puasa di tanah orang, dan dengan orang-orang yang sangat berbeda dari sebelumnya. Ya, bulan ini (Juli), yang juga bertepatan dengan bulan Ramadhan, saya harus mengikuti Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa (KKNM) di sebuah desa kecil di kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Ramadhan kali ini saya habiskan di sebuah rumah, rumah yang cukup besar dengan 19 orang penghuni yang baru saja mengenal dalam 2 bulan terakhir.

Mengingat 1 bulan penuh akan tinggal 1 rumah (11 cewek dan 8 cowok) dengan hanya 1 kamar mandi dan 2 kamar tidur, membuat saya sangat malas membayangkan KKNM. Kultur berbeda, agama berbeda, karakter berbeda, dan latar belakang pun berbeda. Terlebih lagi membayangkan saya satu-satunya akhwat yang berjilbab panjang di kelompok tersebut. Entah kenapa, terkadang saya merasa cupu dan berbeda dari semuanya. Terkadang lagi, saya merasa sulit beradaptasi dengan style teman-teman yang lain. Namun, setiap pikiran-pikiran negatif itu timbul, buru-buru saya hapus dan segera saya buang jauh-jauh. Insya'Allah, semua akan baik-baik saja. Saya berusaha menyadarkan diri saya yang lemah ini bahwa ini adalah salah satu takdir indah Allah buat saya, takdir pertanda sayang Allah pada saya. Insya'Allah Ramadhan kali ini benar-benar akan berbeda dan lebih seru ;')
"Jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu.." -Q.S Al-Baqarah  153

Allah benar, kuncinya hanya 2, sholat dan sabar. Sabar menghadapi tingkah laku 18 teman-teman yang berbeda satu sama lain, sabar dengan asap rokok mereka, sabar dengan musik remix yang super kencang mereka, sabar dengan suara gitar mereka, sabar untuk waktu menyediri saya yang hampir seluruhnya tercuri karena harus supel dan mencoba mengakrabkan diri dengan yang lain. Satu lagi, perbanyak sholat, terutama sholat malam, mendo'akan semuanya.
 
Nahnu nuqaatil an naas bil hubb, begitu kata Hasan Al-Banna. Takhlukkan mereka dengan cinta, do'akan mereka dengan cinta. Seperti cara Rasulullah dulu berdakwah. Jangan pernah lelah untuk berbuat baik, jangan lelah dan merasa kalah saat harus mengalah. Rebut hatinya dulu. Semua itu saya aplikasikan dengan setiap hari selalu bagun paling awal dari yang lain, selalu mencoba membantu apapun yang bisa saya bantu. Memberanikan diri membangunkan mereka untuk sholat subuh, kemudian perlahan-lahan mengajak tilawah. Terus saya lakukan. Kebetulan dalam satu kelompok, saya punya 3 orang teman dari fakultas yang sama. Alhamdulillah mereka adalah 3 teman yang sholih dan sholihah. Terdepan juga dalam sholat dan tilawah, Subhanallah. Bangga punya teman seperti mereka ;')

Kebaikan yang awalnya hanya dalam lingkup kecil, menjadi semakin besar dan semakin besaaar. Allah Maha Kuasa, kurang dari 1 minggu, Allah mengubah keadaan rumah kami. Pada hari pertama bulan Ramadhan ini, perubahan semakin besaaaaar sangat terasa. ;') Di awali dengan semangat kami untuk sholat tarawih di mesjid tadi malam. Teman-teman kami yang non-muslim, juga sangat mendukung dan menghormati. Alhamdulillah.

Allah Maha Kuasa, lantunan ayat-ayat suci-Mu indah terdengar di rumah kami Ya Allah. Semuanya semangat menyambut bulan suci ini. Bersemangat untuk sholat berjama'ah, memperbanyak tilawah dan saling mengingatkan satu sama lain. Beberapa orang dari kami juga membuat target Ramadhan (yang Insya'Allah targetannya lebih baik dari tahun kemarin ;D ). AllahuAkbar!

Saya selalu berharap, semoga semangat ini terus mengalir di rumah ini. Semangat untuk selalu berbuat baik dan mengingatkan satu sama lain.

ya, Begitulah Ramadhan di Rumah Baru Kami ;)

ps ; Tulisan ini dibuat dalam rangka mengikuti lomba artikel Ramadhan komikmuslimah.blogspot.com , semua gambar juga diambil dalam blog komikmuslimah.blogspot.com

1 comments:

 

Arnova Reswari Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template