Kamis, 24 Oktober 2013

MUJAHADAH !

0 comments

Jangan bekerja seperti robot, yang hanya dengar perintah, dan sigap melaksanakan tugas tersebut. Tanpa tau makna.
Jangan bekerja mengaharapkan pujian atau takut dihina, bekerjalah dengan hati mu. Itu yang membedakanmu dengan robot.
Jangan takut dan malu untuk kritis terhadap segala hal, apapun itu.
Jangan tidur dengan otak penuh ketidaktahuan dan pemahamanmu yang masih kurang.
Jangan pernah lelah untuk mencari kebenaran.
Menyendirilah, kamu cuma perlu berfikir tentang apa yang telah kamu perbuat dan tentang apa yang perlu kamu perbaiki. Niat itu ada di awal, tengah, dan akhir.
Jangan pernah lelah bekerja untuk Allah, sampai kematian syahid yang kamu idamkan datang.

Arnova Reswari
Jatinangor, 24 Oktober 2013

Minggu, 06 Oktober 2013

Tabungan Hari Tua

0 comments

You are what you eat!
- dr. Sharon Gondodiputro  MARS. MH

Dalam lecture tentang geriatri selasa kemarin, saya semakin sadar bahwa hidup sehat hari ini merupakan tabungan hidup sehat di masa depan. Ya, seperti yang kita ketahui bersama, siklus hidup wanita akan mengalami penurunan di usia 30an. Dikuti dengan penurunan fungsi tubuh seluruhnya. Penyakit-penyakit degeneratif akan mulai menghantui. :(

Saya mulai bercermin, hidup saya super-tidak sehat ternyata. dr. Sharon bilang, jika mau hidup sehat di hari tua, perhatikan makanan yang kita makan saat muda. Jika penuh dengan makanan bergizi, tinggi kalsium, cukup serat, dan lemak yang seimbang, InsyaAllah saat jadi nenek-nenek bisa lebih produktif dan tidak mudah sakit. Jika penuh junk food?? Kebayang kan nantinya kita akan jadi seperti apa saat tua? ._.

Oleh karena itu, mari kita list step-by-step menuju hidup sehat, versi Arnova. :( *ini sih catetan khusus buat saya sendiri, haha, kalo mau ngikuti, manggaaa :D

1. Perhatikan makanan
Mari mulai sekarang, mari kurangi makanan berlemak dan berkalori tinggi. Ganti dengan makanan yang kaya protein dan kaya serat. >:D Kurangi makan junk food, kurangi cemilan gorengan (._.", oke saya tau bagian yang ini sulit!)

2. Olahraga Kardio
Penting untuk kesehatan jantung kita bersama. :D Bisa dengan lari-lari santai, aerobic, pokoknya bergerak selama minimal 30 menit. *cara ini sudah mulai rutin saya lakukan *\(^_^)/*

3. Konsumsi Air
Minimal 8 gelas sehari :D *cara ini mudah, jadi ini harus dilaksanakan!

4. Harus sarapan
Menurut blog dokter, metabolisme setelah bangun tidur (di pagi hari) sedang ada di puncaknya, dan jika tidak makan di pagi hari, metabolisme tubuh akan sangat lambat seharian. *saya masih sering melewatkan momen sarapan ._.

5. Minum Susu Tinggi Kalsium, Rendah Lemak
Penting untuk wanita, sebagai pencegahan osteoporosis di hari tua kelak. :D *saya sudah mulai minum susu 1 gelas/hari

6. Begadang jangan Begadaaang~
Ini sangat sulit, dan gabisaaa! >_<. Idealnya orang dewasa butuh tidur sekitar 8 jam/hari

7. Hindari minum bersoda dan ber-kafein
Untuk soda mungkin saya bisa hindari, tapi untuk kopi? ._.

8. Bahagia Selalu
Selalu mendekat pada Allah adalah satu-satunya sumber kebahagiaan hakiki. :3

Sekian, pertanyaan, tambahan, kritik, dan saran, silakan langsung hubungi saya. Selamat hidup sehat! :)


Jatinangor, 6 Oktober 2013
Arnova Reswari
 

Arnova Reswari Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template