Rabu, 15 Januari 2014

#1Hari1Ayat : Kasih Sayang Rasulullah


Sungguh, telah datang kepadamu seorang Rasul dari kaum mu sendiri, berat terasa olehnya penderitaan yang kamu alami, (dia) sangat menginginkan (keimanan dan keselamatan) bagimu, penyantun dan penyayang terhadap orang-orang yang beriman (At-Taubah 128)

Ah, saya selalu semangat jika berbicara tentang Rasulullah SAW.

Jika pada tulisan kemarin saya bercerita tentang cintanya para sahabat kepada Rasulullah SAW, kali ini saya akan bercerita tentang cintanya Rasulullah SAW kepada kita (ummatnya), seperti yang tertera pada ayat di atas. :')

Apakah teman-temang ingat tahun berduka Rasulullah SAW? Pada waktu itu, paman yang sangat dicintai Rasulullah (Abu Thalib) meninggal dunia. Saat itu Rasulullah SAW ingin menuntunnya untuk mengucapkan 2 kalimat syahadat. Rasulullah SAW bersabda padanya, "Wahai paman, ucapkanlah La illaha Illallah, satu kalimat yang dapat engkau jadikan hujjah disisi Allah."

Namun sayangnya, hingga ajal menjemput Abu Thalib, ia tak kunjung mengucapkan kalimat tersebut. Sungguh sedih hati Rasulullah SAW, mengingat paman yang sangat dicintainya meninggal dalam keadaan tidak beriman. Padahal betapa besar pengorbanan Abu Thalib terhadap dakwah Rasulullah SAW semasa hidupnya. Hanya satu kesalahannya, tidak mengakui Muhammad SAW sebagai utusan Allah dan tidak mengakui Allah sebagai satu-satunya Tuhan. Kemudian Rasulullah SAW bersabda, “Aku benar-benar akan memohon ampunan bagimu wahai paman selagi aku tidak dilarang melakukannya."

Hingga turunlah ayat At-Taubah 113 dan Al-Qashash 56. At-Taubah 113 berisi tentang larangan Allah terhadap Nabi Muhammad SAW dan orang-orang beriman untuk meminta ampun bagi orang musyrik, meskipun orang itu kerabatnya. Kemudian Al-Qashash 56 yang bercerita tentang Allah memberi petunjuk kepada orang yang Dia kehendaki.

Itu baru salah 1 bentuk rasa kasih sayang Rasulullah kepada salah satu kerabatnya. Masih banyak cerita dan kisah-kisah tentang bagaimana kasih sayang Rasulullah kepada sahabatnya, istri-sitrinya, anaknya, dan kepada kita (ummatnya). Bahkan sebelum ajal menjemputnya pun, Rasulullah masih mengingat kita. Masih mendo'akan kita ummatnya. :')

Allahumma shalli 'ala Muhammad ..



Jambi, 15 Januari 2014


0 comments:

Posting Komentar

 

Arnova Reswari Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template