Senin, 13 Januari 2014

#1Hari1Ayat : Menjadi Teladan




“Wahai orang-orang yang beriman, kenapakah kamu mengatakan sesuatu yang tidak kamu kerjakan? Amat besar kebencian di sisi Allah bahwa kamu mengatakan apa-apa yang tidak kamu kerjakan.”
(Q.S. Ash-Shaff : 2-3)
 

Salah satu berdakwah yang baik adalah dengan menjadi teladan. Memberikan contoh dengan perbuatan sembari melisankannya dengan ucapan. Keteladanan adalah Kebenaran yang dilaksanakan. Berikut adalah cerita tentang keteladanan Hasan Al-Bashri, mudah-mudahan bisa jadi contoh bagi kita semua. :)


Suatu hari, beberapa budak datang kepada Hasan Al-Bashri, mengadukan praktek perbudakan yang telah membuat mereka menderita. Mereka meminta agar Hasan Al-Bashri memberi nasihat dan menghimbau orang-orang kaya agar memerdekakan budak-budaknya. Dengan begitu budak-budak tersebut berharap agar mereka mendapatkan kebebasan. Hasan Al-Bashri pun berjanji untuk memenuhi permintaan mereka.

Setelah itu, pada saat khotbah Jum’at, Hasan Al-Bashri tidak berkhotbah tentang perbudakan. Jum’at berikutnya Hasan Al-Bashri juga tidak berkhotbah tentang tema yang sama. Begitu pula khotbah Jum’at minggu depannya. Pada khotbah jum’at berikutnya (khotbah jum’at ke-4, setelah Beliau berjanji pada budak-budak), barulah Hasan Al-Bashri berbicara tentang pahala orang yang memerdekakan budaknya. Belum sampai waktu sore datang, mayoritas budak telah dibebaskan.

Tidak lama kemudian, para budak mengunjungi Hasan Al-Bashri guna mengucapkan terima kasih. Namun, mereka membahas tentang keterlambatan khotbah tersebut, bahkan hingga telat  4 minggu. Hasan Al-Bashri kemudian meminta maaf atas keterlambatan tersebut dan berkata, “Yang membuatku menunda pembicaraan ini adalah karena aku tidak memiliki budak dan tidak juga memiliki uang. Aku menunggu sampai Allah mengaruniakan harta kepadaku, sehingga aku dapat membeli budak, lalu budak itu aku bebaskan. Kemudian barulah aku berbicara dalam khotbah, mengajak orang untuk membebaskan budak. Allah pun memberkati ucapakanku karena perbuatanku membenarkan ucapanku itu.”
 
:)
 
Jambi, 13 Januari 2014
 
 

0 comments:

Posting Komentar

 

Arnova Reswari Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template