Minggu, 12 Januari 2014

#1Hari1Ayat : Pentingnya Pengetahuan






Dan janganlah kamu mengikuti sesuatu yang tidak kamu ketahui. Karena pendengaran, penglihatan, dan hati nurani, semua itu akan diminta pertanggungjawaban (Al-Israa' : 36)


Indahnya Islam, bahkan dalam Skala Prioritas pun ilmu lebih utama daripada ibadah. Allah berfirman pada Al-Israa' 36 agar manusia paham (berilmu) terlebih dahulu dalam melakukan sesuatu, karena kita telah dianugerahi telinga untuk mendengar, mata untuk melihat, dan hati nurani untuk memilih mana yang haq dan mana yang bathil. Tidak hanya mengikuti mayoritas/orang pada umumnya.

Mungkin teman-teman bisa memulai dari, "Mengapa memilih Islam?" Karena keturunan kah? atau karena memang sudah terlahir Islam, kemudian pasrah? Atau karena Islam adalah agama mayoritas di negara ini? Apakah teman-teman sudah mencari tahu tentang Islam itu sendiri? Lalu, mengapa memilih Islam? Perlu ilmu tentunya untuk benar-benar merasakan nikmatnya Islam. Perlu ilmu untuk mengikat hati kita pada Islam.

Dalam sebuah hadits yang telah di-shahih-kan oleh Bukhari dan Muslim menyebutkan, Rasulullah bersabda, "Keutamaan ilmu pengetahuan itu ialah lebih aku cintai daripada keutamaan ibadah.."

Mengapa ilmu lebih utama? Karena manfaat ibadah hanya pada pelaku yang melakukan, sedangkan manfaat ilmu adalah untuk manusia yang lebih luas.

Yuk, menjadi manusia yang berilmu, kemudian sebarkaaaan ilmu itu! :)



Jatinangor, 11 Januari 2014

0 comments:

Posting Komentar

 

Arnova Reswari Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template